Cara Mencuci Sepatu di Mesin Cuci: Panduan Langkah demi Langkah

  • 2 min read
  • Apr 16, 2024

Cara mencuci sepatu dengan mesin cuci – Mencuci sepatu di mesin cuci bisa menjadi solusi praktis untuk menjaga kebersihan alas kaki Anda. Namun, sebelum memasukkan sepatu ke dalam mesin, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui agar sepatu tetap dalam kondisi baik.

Panduan ini akan memberikan langkah-langkah terperinci tentang cara mencuci sepatu di mesin cuci, termasuk persiapan yang diperlukan, pemilihan pengaturan yang tepat, dan perawatan setelah pencucian.

Persiapan Mencuci Sepatu dengan Mesin Cuci

Mencuci sepatu dengan mesin cuci merupakan cara yang praktis dan efisien untuk menjaga kebersihannya. Namun, tidak semua jenis sepatu cocok dicuci dengan cara ini.

Sepatu yang cocok dicuci dengan mesin cuci:

  • Sepatu berbahan kanvas
  • Sepatu berbahan mesh
  • Sepatu berbahan kulit sintetis
  • Sepatu lari

Sepatu yang tidak cocok dicuci dengan mesin cuci:

  • Sepatu berbahan kulit asli
  • Sepatu berbahan suede
  • Sepatu berbahan nubuck
  • Sepatu berbahan beludru

Selain jenis sepatu, terdapat beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan untuk mencuci sepatu dengan mesin cuci, yaitu:

  • Deterjen cair
  • Sikat gigi bekas atau sikat lembut
  • Handuk

Sebelum dicuci, sepatu perlu dibersihkan dari kotoran dan kerikil yang menempel. Gunakan sikat gigi bekas atau sikat lembut untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

Pemilihan Pengaturan Mesin Cuci

Untuk memastikan pencucian sepatu yang optimal, penting untuk memilih pengaturan mesin cuci yang tepat. Pengaturan yang tepat akan membantu menjaga integritas sepatu dan menghasilkan pembersihan yang efektif.

Berikut adalah beberapa pertimbangan utama untuk pemilihan pengaturan mesin cuci yang tepat untuk sepatu:

Jenis Siklus Pencucian, Cara mencuci sepatu dengan mesin cuci

Pilih siklus pencucian yang dirancang khusus untuk sepatu. Siklus ini biasanya memiliki agitasi yang lebih lembut dan kecepatan putaran yang lebih rendah untuk mencegah kerusakan sepatu.

Pengaturan Suhu Air

Gunakan pengaturan suhu air dingin atau hangat. Air panas dapat merusak bahan sepatu dan menyebabkan luntur warna.

Kecepatan Putaran

Pilih kecepatan putaran rendah atau sedang untuk mencegah sepatu menjadi rusak atau berubah bentuk. Kecepatan putaran yang tinggi dapat menyebabkan tekanan berlebih pada sepatu.

Mencuci sepatu dengan mesin cuci bisa jadi solusi praktis untuk sepatu kotor. Namun, terkadang saat kita menyalakan atau mematikan AC, terdengar suara berdengung yang mengganggu. Jika Anda mengalami masalah ini, silakan merujuk pada artikel berikut: AC mengeluarkan suara berdengung saat AC dihidupkan dan dimatikan dengan cara apa pun penyebab dan cara mengatasinya . Setelah mengatasi masalah AC, Anda dapat kembali mencuci sepatu dengan mesin cuci dengan mudah.

Penggunaan Deterjen

Gunakan deterjen khusus sepatu atau deterjen biasa. Deterjen khusus sepatu diformulasikan untuk membersihkan sepatu secara efektif tanpa merusak bahannya. Namun, deterjen biasa juga dapat digunakan jika tidak tersedia deterjen khusus sepatu.

Penutupan: Cara Mencuci Sepatu Dengan Mesin Cuci

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa sepatu Anda bersih dan segar tanpa merusak bahan atau bentuknya. Dengan perawatan yang tepat, sepatu Anda akan bertahan lebih lama dan selalu terlihat terbaik.

Bagian Pertanyaan Umum (FAQ)

Apakah semua jenis sepatu bisa dicuci dengan mesin cuci?

Tidak, sepatu berbahan kulit, suede, atau kain halus sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci karena dapat merusak bahan.

Apa jenis deterjen yang harus digunakan untuk mencuci sepatu?

Gunakan deterjen khusus sepatu atau deterjen biasa yang lembut dan bebas pemutih.

Bagaimana cara mengeringkan sepatu setelah dicuci?

Biarkan sepatu mengering secara alami di tempat yang berventilasi baik. Hindari menggunakan pengering mesin karena dapat menyebabkan kerusakan.