AC Berdengung saat Hidup dan Mati? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • 4 min read
  • Apr 25, 2024
AC mengeluarkan suara berdengung saat AC dihidupkan dan dimatikan dengan cara yang tidak aman penyebab dan cara mengatasinya

AC mengeluarkan suara berdengung saat AC dihidupkan dan dimatikan dengan cara yang tidak aman penyebab dan cara mengatasinya – Suara berdengung dari AC yang baru dinyalakan atau dimatikan memang kerap mengganggu. Tak jarang, hal ini membuat penghuni rumah menjadi khawatir akan kondisi AC mereka. Jika Anda mengalami hal serupa, jangan panik. Artikel ini akan mengulas penyebab dan cara mengatasi AC berdengung saat hidup dan mati dengan aman.

Suara berdengung pada AC dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari komponen yang bermasalah hingga cara mematikan AC yang tidak benar. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya sendiri. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Suara Berdengung saat AC Dihidupkan dan Dimatikan

AC mengeluarkan suara berdengung saat AC dihidupkan dan dimatikan dengan cara yang tidak aman penyebab dan cara mengatasinya

Suara berdengung yang tidak biasa pada AC saat dihidupkan atau dimatikan bisa menjadi tanda masalah yang mendasarinya. Beberapa komponen AC yang berpotensi menyebabkan suara berdengung meliputi kompresor, kipas, atau relay.

Kompresor

Kompresor adalah komponen utama AC yang memompa refrigeran melalui sistem. Jika kompresor rusak atau tidak terlumasi dengan baik, dapat menghasilkan suara berdengung saat dihidupkan.

Kipas

Kipas di dalam AC membantu mensirkulasikan udara. Jika kipas kotor, tidak seimbang, atau bilahnya rusak, dapat menimbulkan suara berdengung saat berputar.

Relay

Relay adalah sakelar listrik yang mengontrol aliran listrik ke komponen AC. Jika relay rusak, dapat menyebabkan lonjakan daya yang menghasilkan suara berdengung.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan komponen AC bekerja tidak semestinya, sehingga menimbulkan suara berdengung.

Cara Mengidentifikasi Sumber Suara Berdengung

Untuk mengidentifikasi sumber suara berdengung pada AC, ikuti langkah-langkah berikut:* Nyalakan AC dan dengarkan sumber suara berdengung.

  • Buka penutup AC dan periksa apakah ada komponen yang bergetar atau longgar.
  • Jika suara berdengung berasal dari kompresor, mungkin terasa panas saat disentuh.
  • Jika suara berdengung berasal dari kipas, periksa apakah ada kotoran atau kerusakan pada bilahnya.
  • Jika suara berdengung berasal dari relay, mungkin mengeluarkan bau terbakar.

Perbaikan Sederhana untuk Mengatasi Suara Berdengung

Merawat AC secara rutin dapat membantu mengurangi suara berdengung yang mengganggu. Berikut adalah beberapa perbaikan sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini:

Tips Perawatan Dasar

  • Bersihkan filter udara secara teratur. Filter yang kotor dapat membatasi aliran udara dan menyebabkan suara berdengung.
  • Bersihkan koil kondensor. Koil yang kotor dapat menghalangi perpindahan panas secara efisien, yang menyebabkan suara berdengung.
  • Periksa level refrigeran. Level refrigeran yang rendah dapat menyebabkan suara berdengung saat AC bekerja keras untuk mendinginkan ruangan.

Perbaikan Sederhana

Perbaikan Cara Melakukan
Kencangkan sekrup longgar Periksa semua sekrup dan baut pada unit dalam dan luar, dan kencangkan yang longgar.
Sejajarkan bilah kipas Matikan AC dan periksa apakah bilah kipas sejajar. Jika tidak, sesuaikan dengan hati-hati menggunakan tang hidung jarum.
Lumasi motor kipas Lepaskan motor kipas dan oleskan beberapa tetes oli pelumas ke bantalan.

Solusi Profesional untuk Suara Berdengung yang Berkelanjutan

Jika suara berdengung terus berlanjut meski solusi sebelumnya telah diterapkan, disarankan untuk mencari bantuan profesional. Teknisi HVAC yang berkualifikasi dapat mendiagnosis dan memperbaiki masalah secara akurat, memastikan sistem AC Anda beroperasi dengan aman dan efisien.

Identifikasi Situasi yang Memerlukan Perbaikan Profesional

Beberapa situasi yang memerlukan perhatian ahli meliputi:* Suara berdengung yang tidak kunjung hilang setelah mencoba solusi dasar.

  • Getaran atau suara bising yang tidak biasa dari unit AC.
  • Kegagalan AC untuk mendinginkan atau memanaskan ruangan secara efektif.
  • Kebocoran atau kerusakan yang terlihat pada sistem AC.
  • Bau tidak sedap atau suara mendesis yang berasal dari AC.

Kemungkinan Masalah yang Memerlukan Perhatian Ahli

Masalah yang memerlukan perbaikan profesional dapat bervariasi tergantung pada jenis dan usia sistem AC. Beberapa masalah umum meliputi:* Masalah kelistrikan, seperti koneksi yang longgar atau komponen yang rusak.

  • Kompresor atau kipas yang rusak atau aus.
  • Saluran udara yang tersumbat atau bocor.
  • Refrigeran yang bocor atau tidak mencukupi.
  • Masalah dengan termostat atau kontrol lainnya.

Biaya dan Waktu yang Terkait dengan Perbaikan Profesional

Biaya perbaikan profesional dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas masalah dan tarif teknisi. Perbaikan kecil dapat diselesaikan dengan biaya yang relatif rendah, sementara masalah yang lebih serius mungkin memerlukan penggantian suku cadang atau perbaikan yang lebih mahal. Waktu perbaikan juga dapat bervariasi, tergantung pada ketersediaan teknisi dan tingkat keparahan masalah.

Pencegahan Suara Berdengung di Masa Depan

Mengambil langkah-langkah pencegahan sangat penting untuk mencegah suara berdengung pada AC di masa depan. Dengan mengikuti praktik perawatan yang tepat dan melakukan pemasangan yang benar, Anda dapat memastikan pengoperasian AC yang tenang dan efisien selama bertahun-tahun yang akan datang.

Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan:

Pemeriksaan Berkala

Jadwalkan pemeriksaan berkala oleh teknisi AC profesional. Pemeriksaan ini akan mengidentifikasi potensi masalah sejak dini, memungkinkan perbaikan kecil sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

AC yang mengeluarkan suara berdengung saat dihidupkan atau dimatikan mungkin mengindikasikan masalah teknis. Jika AC Anda memiliki inverter, Anda bisa mengecek kelebihan dan kekurangan AC inverter untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Namun, jika suara berdengung terus berlanjut, disarankan untuk segera menghubungi teknisi untuk memeriksa dan memperbaiki masalah tersebut guna mencegah kerusakan yang lebih parah pada AC Anda.

Pembersihan Teratur

Bersihkan unit dalam dan luar ruangan AC secara teratur. Hal ini akan menghilangkan debu, kotoran, dan kotoran yang dapat menyebabkan kebisingan dan mengurangi efisiensi.

Penggantian Filter Udara

Ganti filter udara setiap bulan atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Filter udara yang kotor dapat membatasi aliran udara dan menyebabkan suara berdengung.

Pemasangan yang Benar

Pastikan AC dipasang dengan benar oleh teknisi yang berkualifikasi. Pemasangan yang tidak tepat dapat menyebabkan getaran dan kebisingan.

Penggunaan Bantalan Getaran, AC mengeluarkan suara berdengung saat AC dihidupkan dan dimatikan dengan cara yang tidak aman penyebab dan cara mengatasinya

Gunakan bantalan getaran di bawah unit luar ruangan AC. Ini akan membantu menyerap getaran dan mengurangi suara berdengung.

Ringkasan Penutup: AC Mengeluarkan Suara Berdengung Saat AC Dihidupkan Dan Dimatikan Dengan Cara Yang Tidak Aman Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Dengan mengikuti tips dan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi suara berdengung pada AC secara mandiri. Namun, jika masalah berlanjut atau suara berdengung semakin keras, jangan ragu untuk menghubungi teknisi AC profesional. Mereka akan membantu mengidentifikasi penyebab pasti dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Mengapa AC berdengung saat dinyalakan?

Suara berdengung saat AC dinyalakan dapat disebabkan oleh kompresor yang bermasalah, tegangan listrik yang tidak stabil, atau komponen AC yang longgar.

Bagaimana cara mematikan AC dengan benar?

Untuk mematikan AC dengan benar, gunakan remote control atau tombol pada unit indoor. Hindari mencabut kabel listrik secara langsung karena dapat merusak komponen AC.

Apa saja cara mengatasi suara berdengung pada AC?

Beberapa cara mengatasi suara berdengung pada AC antara lain membersihkan filter AC, mengencangkan komponen yang longgar, dan memeriksa tegangan listrik.